TIPS CERDAS MEMANGKAS PENGELUARAN BULANAN

Tips cerdas bagaimana cara memangkas pengeluaran bulanan Anda, sehingga Anda bisa mempunyai sisa dana yang dapat Anda alokasikan untuk tabungan, investas maupun modal usaha:
1. Maksimalkan Air Mineral. Ganti kebiasaan Anda dari mengonsumsi soft drink menjadi air mineral. Selain lebih murah, air putih membuat Anda menjadi lebih segar dan sehat.
2. Kurangi Penggunaan AC. Gunakan kipas angin di saat Anda kepanasan. Air Conditioning (AC) selain lebih mahal, juga akan membuat kulit Anda kering serta buangan freon-nya dapat memberikan kontribusi penipisan ozon di atmosfer dalam jangka waktu lama.
3. Gunakan Angkutan Umum. Jika ingin bepergian, pilihlah angkutan umum dibanding mengendarai mobil pribadi atau naik taxi. Atau Anda bisa memilih sepeda sebagai alat transportasi ke kantor (Bike-To-Work). Selain lebih murah, juga membantu mengurangi pemanasan global.
4. Kurangi makan di luar. Usahakan hanya satu kali per hari Anda jajan di luar. Selain lebih sehat, tentunya akan mengurangi pengeluaran. Jika masih sempat, buatlah bekal untuk makanan di kantor.
5. Berhenti merokok. Jika Anda tidak juga berhenti karena alasan kesehatan, semoga kenaikan harga rokok di Indonesia bisa membuat Anda berhenti merokok.
6. Simpan kembalian recehan Anda di celengan. Tanpa sadar, Anda akan mendapatkan hasil dalam jumlah yang lumayan banyak.
7. Menyiasati Tren. Bagi Anda pecinta tren, usahakan sebelum membeli barang, Anda membaca review majalah, agar tidak slah dalam membeli. Lumayan kan, kalau Anda bisa mengeluarkan uang puluhan ribu, dibanding ratusan hingga jutaan rupiah.
8. Kurangi penggunaan telepon atau ponsel untuk menelpon. Usahakan untuk meminimalisasi bebicara menggunakan telepon/ponsel dan menggantinya dengan sms atau email yang harganya jauh lebih murah.
9. Cobalah membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hindari belanja barang-barang yang bukan kebutuhan. Jika tertarik untuk membeli barang, usahakan jangan terburu-buru. Anda bia mencoba mencari yang lebih murah di tokok lain.
10. Budgeting. Bagi Anda yang agak sulit membatasi pengeluaran, akan lebih baik bagi Anda untuk menentukan seberapa jumlah yang disediakan untuk masing-masing kebutuhan. Misalnya Anda telah menentukan bahwa hanya 1 juta rupiah per bulan yang boleh digunakan untk berbelanja. Namun, baru mencapai tengah bulan Anda sudah berbelanja lagi. ini berarti, ada yang salah dengan belanjaan Anda.
11. Hindari memiliki kartu kredit lebih dari satu. Jika Anda membutuhkan kartu kredit, cukup satu dan pastikan dulu Anda telah mensurvei bank mana yang memberikan keuntungan lebih banyak. Misalnya bunga yang lebih kecil dan jarang menuai keluhan dari nasabahnya.
12. Catat pengeluaran Anda. Ditengah kesibukan, usahakan untuk menyediakan waktu untuk mencatat pengeluaran yang tak terduga. Hal ini bermanfaat bagi anda si pemboros.
13. Konsultasi Keuangan. Cobalah mengonsultasikan permasalahan keuangan yang Anda hadapi kepada konsultan keuangan.


Comments

Popular Posts